TRIP BANDUNG - DUFAN Rp 265.000

ABOUT NUARTHA TOURS & TRAVEL

Minggu, 21 Februari 2016

SEKARANG BANDUNG MEMILIKI MUSEUM PENDIDIKAN NASIONAL

Museum Pendidikan Nasional - Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat, Telp : 022-2013163

Bandung kini memiliki museum baru yang dapat menjadi sarana pendidikan bagi pelajar Indonesia. Museum yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat tahun 2015 lalu ini sekarang dibuka untuk umum. Dengan membeli tiket seharga Rp 5.000,- kita dapat mengunjungi museum ini yang dibuka dari pukul 08.00 - 16.00 pada hari Senin - Jum'at dan pukul 08-00 - 17.00 pada hari Sabtu dan Minggu.  Fitur koleksi yang terdapat di museum ini beragam terdiri dari 16 fase yakni ; Pra Aksara, Pendidikan Berbasis Agama, Pendidikan Kolonial, Pendidikan Masa Pergerakan Nasional, Pendidikan Masa Pendudukan Jepang, Pendidikan Masa Kemerdekaan, Para Menteri Pendidikan RI, Sejarah Guru, Tokoh-Tokoh Pendidikan Nasional, Sejarah Pendidikan di Jawa Barat, Dewi Sartika, Mang Koko, Pendidikan Masa Depan, Sejarah Gedung Isola, Sejarah Perkembangan UPI dan UPI Terkini.
















Museum yang terletak di dalam area kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ini dibangun dengan sangat megah dan besar. Memilki 5 lantai yang setiap lantai nya menyuguhkan konten-konten berbasis pendidikan seperti pendidikan sejarah dan agama. 

Lantai I berisi gambaran keseluruhan museum dan terdapat ruang pendidikan zaman klasik yang terdapat diorama yang memamerkan sistem pendidikan zaman prasejarah meliputi perkembangan sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan religi. Lantai II memamerkan perkembangan pendidikan Indonesia dari masa ke masa. Di ruang ini dipamerkan pula display bangunan sekolah, pembelajaran di kelas, peta konsep pendidikan, kurikulum atau materi pelajaran dan biaya sekolah, dari masa kolonial hingga zaman mutakhir. Lantai III menyajikan tentang sejarah pendidikan guru dan sejarah guru dari zaman kolonial hingga zaman reformasi. Yang menarik, ruang ini menyediakan dinding puzzle balok segitiga yang dapat disusun menjadi gambar pembelajaran di sekolah guru pada masa kolonial. Lantai ini juga menyediakan ruang khusus memajang tujuh patung lilin yang menggambarkan transformasi figur guru dari zaman kolonial hingga saat ini. Lantai IV terdapat ruangan yang menggambarkan perjalanan sejarah UPI, proyeksi tentang UPI di masa depan juga dipamerkan di lantai ini, dengan menyertakan ruang sejarah gedung Isola pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi ruang pameran kontemporer dan di lantai V merupakan ruangan yang bersifat rekreatif. Lantai ini menyediakan taman dan out door cafe, di mana para pengunjung dapat menikmati pemandangan ke arah selatan yaitu kampus UPI dan ke arah utara menikmati pemandangan Gunung Tangkuban Parahu.

Bagi anda perorangan, sekolah atau instansi yang ingin berkunjung ke Bandung tidak ada salahnya anda untuk mengunjungi Museum Pendidikan Nasional ini. Untuk anda yang membutuhkan jasa trip organizer ke Bandung alangkah baiknya memilihi Agen Travel Bandung terpercaya seperti Nuartha Tours & Travel.

Referensi & Sumber :

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI UNTUK INFORMASI/ RESERVASI :

ANDRE WIRAPATI PN
blogspot ini dibawah naungan :
PT Nuartha Global Indonesia
Nuartha Tours & Travel
Jl. Gegerkalong Girang Baru No. 13 40153 Bandung
Call : 081385839876